Kopi memang berkah alam paling indah. Tidak cuma berkhasiat bikin melek mata dan bikin bugar sebelum olahraga, kopi juga ampuh berguna untuk permak diri. Wajah kuyu, rambut kusam, dan kantung mata? Siapa sangka solusinya tak jauh-jauh dari dapur kita.

Berikut 5 cara menggunakan kopi untuk merawat diri.

#83_drinking n smilin

Bukan cuma untuk minum.

1) Masker Rambut Murah Meriah
Tak harus rogoh kocek untuk masker rutin di salon demi rambut impian a la model iklan shampoo. Cukup seduh semangkuk besar kopi hitam, siramkan ke rambutmu setiap kali mandi.

Kopi punya sifat menyerap. Selain membersihkan rambut, ramuan ini niscaya akan buat rambutmu lebih berkilau dan terasa ringan. Kapan lagi punya sensasi rambut baru setiap Senin pagi?

2) Scrub Kulit Kepala
Sekali lagi: kopi punya sifat menyerap. Bagi para pejuang kerasnya rimba kota, segala macam bau dan kotoran kian menumpuk di rambut. Mulai dari bekas keringat di helm ojek sampai debu jalanan, kulit kepalamu niscaya jenuh menanggung beban.

Rawat kulit kepalamu dengan cara sederhana ini. Ambil sejumput bubuk kopi, lalu pijitkan dengan gerakan melingkar di seluruh kulit kepala secara merata. Dengan kulit kepala yang lebih bersih, rambutmu akan tumbuh lebih sehat. Terapi ini juga cocok untuk kamu yang punya masalah dengan rambut rontok.

#83_coffee ground

Bubuk kopi, serba bisa.

3) Sembunyikan Kantong Mata
Ya, deadline kerjaan suka kelewat kurang ajar memang. Secangkir kopi boleh saja jadi andalan untuk bikin melek mata. Tapi paginya? O-ow. Muka bantal dan kantung mata jadi sisa-sisa perjuangan kita.

Tenang, secangkir kopi selalu bisa diandalkan. Biar tidak perlu permak pakai bedak tebal, seduh saja secangkir kopi hitam. Minum dulu, tak perlu buru-buru. Nah, setelah itu angin-anginkan ampasnya. Lalu, baluri daerah kantung matamu dengan ampas kopi ini. Diamkan selama 10 menit. Lalu bilas wajahmu, dan berdandanlah seperti biasa.

4) Basmi Selulit
Senjatanya tepat ada di dapur kita. Campur bubuk kopi kering dengan minyak zaitun ataupun minyak kelapa, dan pijat bagian-bagian rawan selulit dengan gerakkan melingkar. Pakai secara rutin, niscaya motif-motif kulit jeruk yang tidak diinginkan itu akan hilang perlahan.

Jika rela agak merepotkan diri, cari bahan-bahan kosmetik yang mengandung retinol atau retinyl palmitate. Lalu campurkan dengan bubuk kopi. Kalau yang ini, dijamin setelah 12 minggu kulitmu akan terlihat berbeda.

5) Berantas Kulit Kusam
Bengkoang is so last year, guys. Thanks to Tara Basro, exotic tan is now in! Tidak harus putih, yang penting bersih. Seperti halnya kulit kepala, kulit kita juga hobi menumpuk debu-debu jalanan. Sesekali perlu dibersihkan.

Caranya sama saja: gosok saja bubuk kopi ke kulit wajah (ataupun badan). Selain mengangkat kulit mati, asam dalam kopi juga bisa membuat kulit lebih kenyal. Untuk efek lebih maknyus, kamu bisa pakai resep supermodel Miranda Kerr di bawah ini:

  • 1 cangkir bubuk kopi
  • 6 sendom makan minyak kelapa
  • 3 sendok makan garam atau gula

Campurkan semua bahan tersebut, aduk rata, lalu oleskan ke kulitmu. Untuk perawatan rutin, ramuan ini bisa kamu simpan dalam kulkas.

Bermodal resep-resep minimalis ini, kamu yang tinggal di kota besar dan beraktivitas sepanjang hari di bawah matahari tak perlu cemas lagi. Niscaya, pengeluaran kamu ‘nyalon’ dan perawatan diri kini lebih mini.

#83_black coffee very back

Disadur dari makeupandbeauty.com, foxnews.com,
elle.com, & nationalgeographic.co.id

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply