Ada yang hilang dari eksperimen soal kopi.

Di tengah pesta pora specialty coffee saat ini, para petani boleh jadi berlomba-lomba mencari bibit kopi paling unggul, roasters mencari cara memanggang kopi dengan kadar gosong yang paling pas, dan para penyeduh kopi (termasuk kamu!) berkreasi dengan berbagai macam alat seduh.

Tapi secangkir kopi nikmat tidak akan bisa jadi tanpa air yang tepat. Ryan Wibawa, yang mewakili Indonesia di World Brewers Cup 2016, bahkan mengaku tidak mendapatkan rasa kopi yang ia mau sampai sebelum ia berangkat ke Dublin, Irlandia.

Ya, repotnya, ‘rasa’ dan kualitas air di masing-masing negara bisa beda-beda. Untung maha untung, para barista kini tidak perlu lagi pusing. Sudah ada air yang dibuat khusus untuk menyeduh kopi. #82_aquiem2 Bertagline “Elemen Yang Hilang dari Kopi”, Aquiem unggul bukan hanya karena kandungannya, tetapi juga karena zat-zat yang ‘tidak dikandung’nya. Air khusus untuk kopi ini tidak mengandung zat-zat yang bikin air ‘berasa‘, seperti zat besi, timbal, fluoride, khlorine, dan kalsium.

“Semua zat itu bisa memengaruhi rasa kopi,” jelas Rob Vidacovich, salah satu penggagas Aquiem. Setelah mengeluarkan zat-zat tersebut, tim di balik Aquiem memasukkan zat-zat ‘baik’ seperti magnesium, potassium, dan dosis kalsium yang tepat. Rob Vidacovich mengaku ide itu datang dari rekannya, ilmuwan air tanah Frank Manale.

“Dia terus menerus membaca artikel tentang bagaimana secangkir kopi terbuat dari 98%  air, dan bagaimana pentingnya susunan kimiawi dalam air untuk membuat kopi,” kisah Rob. Rob juga mengaku banyak mendapat inspirasi dari website seperti home-barista.com, buku pegangan SCAA tentang standar air (SCAA’s Water Standards Handbook), buku serba-serbi air yang ditulis Jim Schulman (Insanely Long Water FAQ), dan berbagai artikel dari asosasi kopi tentang air.

Selain membuat kopi terasa lebih baik, Aquiem juga dijanjikan dapat mengurangi efek sakit perut saat minum kopi. Aquiem dapat dipesan online melalui laman resmi Aquiem dalam ukuran paket isi 12 karton air, masing-masing sebanyak 1 liter seharga $34,95 (sekitar Rp 460ribu).

Selanjutnya, Aquiem berencana masuk lewat situs belanja online Amazon dan hadir dalam ukuran yang lebih kecil maupun besar untuk menyesuaikan kebutuhan industri kopi.

Isabella's Pizzaria

Bisa jadi, untuk kejuaraan barista tahun berikut, para barista manual-brew seperti Ryan Wibawa tidak perlu ketar-ketir lagi.

Disadur dari dailycoffeenews.com & eater.com.

Foto-foto disadur dari aquiem.net.

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply