Jakarta Coffee Week (JACOWEEK) 2017 kembali hadir di tahun keduanya pada 8-10 September 2017 di HYPE Land, Pantai Indah Kapuk. ABCD School of Coffee dan HYPE Project sebagai pihak penyelanggara kali ini bekerjasama dengan Bank Mandiri dalam rangkaian panjang Pesta Kopi Mandiri.

Setelah diadakan di tempat-tempat bersejarah di empat kota besar Indonesia; Candi Prambanan Yogyakarta, Museum Bank Mandiri Jakarta, Monumen Kapal Selam Surabaya dan Museum Perkebunan Medan sejak Maret hingga 20 Agustus lalu, kini JACOWEEK 2017 akan menjadi puncak dari seluruh rangkaian acara.

Mengusung semangat untuk mendukung pertumbuhan kopi Indonesia dari hulu hingga ke hilir, JACOWEEK 2017 mengajak serta SCOPI (Sustainable Coffee Platform of Indonesia) dengan menghadirkan 45 petani kopi dari 15 provinsi di Indonesia dalam pasar kopi beras. Dengan harapan para pelaku industri kopi, juru sangrai, juru seduh, dan penikmat kopi dapat mengenal lebih dekat asal-usul kopi yang hadir di tiap cangkir.

“Dengan diadakannya JACOWEEK 2017 ini diharapkan dapat menguatkan industri kopi spesialti Indonesia supaya tidak menjadi tren sesaat melainkan budaya dan gaya hidup, hingga tercipta keberlangsungan yang terus bertumbuh.” Tutur Ve Handojo, salah satu penggagas ABCD School of Coffee.

Dalam konferensi pers di Kinosaurus, Jakarta (31/8), Ve Handojo juga mengungkapkan bahwa ini akan sangat menguntungkan para petani kopi Indonesia pada akhirnya. Sebab, petani akan berhubungan langsung dengan pembeli kopi beras tanpa melalui perantara. Bisa jadi, ini adalah perhelatan yang tepat untuk membantu meningkatkan apresiasi seluruh pelaku industri dan penikmat kopi terhadap petani kopi Indonesia dan terhadap kopi itu sendiri.

Ve Handojo, co-founder ABCD School of Coffee.

JACOWEEK 2017 juga menghadirkan sesi cupping beras kopi yang telah disangrai dari 45 petani yang hadir. Sesi cicip kopi akan diikuti oleh para Q-Grader dan pelaku industri kopi. Usai sesi cicip kopi kemudian akan dipilih satu kopi yang akan dinobatkan menjadi Kopi Terbaik JACOWEEK 2017.

Selain sesi cicip kopi, JACOWEEK 2017 juga menjadi tempat bagi Final Indonesia Aeropress Championship 2017. Setelah memilih finalis dari regional kanan, kiri, dan tengah akhirnya terpilih 79 orang finalis yang akan memperebutkan gelar juara nasional. Juara terpilih kemudian akan menjadi wakil Indonesia di ajang World Aeropress Championship di Seoul, Korea Selatan, di bulan November.

Bagi Coffeemates yang akan hadir di JACOWEEK 2017, kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 15.000 dan tidak perlu membawa uang tunai. Cukup gunakan Kartu Debit/Kredit Bank Mandiri untuk melakukan segala transaksi. Selain itu, juga tersedia booth E-Money dan E-Cash dari Bank Mandiri.

Dengan menggunakan produk-produk dari Bank Mandiri ini Coffeemates akan mendapatkan potongan harga sebanyak 50% juga tambahan Fiesta Point yang dapat ditukarkan dengan kesempatan untuk mendapatkan hadiah utama berupa iPhone 7.

(ki-ka) Jane, HYPE Project dan Andika Yanuar Patiwiri, Vice President Consumer Deposits Group, Bank Mandiri.

Berhasil menggaet 12.546 pengunjung pada acara perdana pada Oktober tahun lalu, kali ini HYPE Project berharap dapat menarik lebih dari 20.000 pengunjung dengan kehadiran 130 tenant kopi dari seluruh Indonesia. Mulai dari petani kopi, rumah sangrai, hingga berbagai kedai kopi.

Geliat industri kopi spesialti di Indonesia terus berkembang sejak tiga tahun terakhir. Pada Juni tahun 2016 saja sudah tercatat terdapat 1083 kedai kopi di Jakarta. Tahun lalu JACOWEEK 2016 dirangkai sedemikian rupa dengan semangat menghidupkan antusiasme terhadap skena kopi Indonesia. Kini, setelah antusiasme terus meningkat JACOWEEK 2017 kembali dirangkum sebagai titik tolak untuk menjaga keberlangsungan pertumbuhan industri, mengedukasi para pelaku industri, serta para penikmat kopi di Indonesia.

 

(Liputan, tulisan, dan suntingan oleh Lani Eleonora

Foto-foto dan suntingan foto oleh Andreansyah Dimas)

Related Post

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply