Seniman latte-art sering bikin garuk-garuk kepala. Buat apa susah-susah melukis sesuatu yang akan habis dalam sekejap? Kesenangan belaka, katanya. Dari sekian banyak latte-artist, Kazuki Yamamoto asal Okayama, Jepang, menghidupi prinsip ini sepenuh hati.

Lebih dari lukisan, Kazuki membuat pahatan di atas secangkir kopi. Ya, karya latte-art nya 3 dimensi, dibangun dari busa-busa susu di atas permukaan espresso.

#72_chillin

Bukan photoshop.

#72_pokeball latte art_2

Tidak ketinggalan, versi Pokemon GO.

Ia memulai berlatih jauh sejak bekerja di restoran, jauh sebelum berkarir sebagai barista. Saat ia membuat ‘pahatan’ seekor kucing yang melompati cangkir demi meraih ikan di cangkir kedua, karyanya merebak di media sosial.

“Setelah itu, aku mulai diundang ke berbagai tempat dan menerima tawaran.”

#72_jumping cat two cups_2

Kazuki, kini 29 tahun dan menjabat sebagai manajer di Reissue, sebuah kafe di daerah Harajuku, Jepang. Ia masih giat berkarya, menumpuk busa susu bongkah demi bongkah hingga membentuk kelinci dan kucing di permukaan kopi. Begitu apik dan detail, hingga para pelanggan kerap enggan meneguk kopi pesanan. Namun Kazuki tetap mantap menghasilkan karya utuh di setiap cangkir.

“Bagiku, latte-art 3D sesuatu yang akan hilang dalam sekejap, tapi menyisakan kebahagiaan untuk sesaat.”

#72_kazuki yamamoto

Sang seniman latte-art, Kazuki Yamamoto.

Jepang memang punya prinsip sendiri tentang dedikasi dan keindahan. Dalam estetika Jepang, terdapat nilai-nilai ‘wabi-sabi’ dan ‘mono-no-aware’. Menurut ahli filosofi desain, Leonard Koren, keduanya bernapas senada: “Hal-hal tertentu menjadi indah, justru karena mereka rapuh dan hanya ada untuk sementara.” Jika kemudian karyanya ditiru orang, tidak jadi masalah bagi Kazuki.

“Mungkin akan ada yang mengikuti caraku, tapi tidak akan ada yang dapat menjiplak ideku,” ujar Kazuki. “Aku percaya diri soal ini.”

#72_bathing cat froth
Simak cuplikan aksi Kazuki Yamamoto berikut ini.

Disadur dari dailymail.co.uk, au.be.yahoo.com,
npr.org, & littlemissbento.org.

Foto-foto latte-art disadur dari
akun twitter Kazuki Yamamoto (@george_10g).

Foto profil Kazuki Yamamoto disadur dari Caters News Agency,
via dailymail.co.uk.

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply