Masih ingat latte-art warna warni a la pelangi yang ada di belahan bumi Australia dan Amerika? Tidak perlu jauh-jauh ke sana untuk merasakan sensasinya. Joanne Jonazh, barista Calidoca yang ‘menimba ilmu’ di Australia, siap meramunya untuk kita.

DSC_0181 DSC_0219

Joanne sendiri belajar meramu kopi melalui sesi-sesi part time selama ia kuliah di Sydney, Australia. 2 tahun hidup dari kedai kopi, lidahnya berubah selera. Dari awalnya yang doyan kopi manis, hingga kini kegandrungan rasa ‘getir’ khas kopi Australia.

“Itu yang bikin gue suka sama kopi Australia. Rasa pahit dan rasa manisnya itu ada, seimbang,” jelas Joanne. Sesampainya kembali di Jakarta, ia mencari sensasi rasa kopi serupa. Pencariannya berakhir mengecewakan.

“Jadi setelah saya minum, ada perasaan di sini tuh kopinya lebih enteng. Getirnya kurang gitu berasa,” kisahnya.

Demi mengobati ‘homesick’ di lidahnya, Joanne mencoba menghidupkan kembali rasa yang ia gandrungi melalui Calidoca. Di tengah-tengah demam kopi Arabika, Joanne mencampur Robusta dan Arabika demi mencapai sensasi getir a la Australia. Campuran Arabika-Robusta ini menjadi ciri khas houseblend Calidoca.

DSC_0172

“Calidoca sendiri artinya happiness,” jelas Joanne. Mengambil jurusan komposisi musik, ia mendapat nama ‘Calidoca’ dari sebuah lagu lama berbahasa Inggris. Potongan lirik lagu itu kemudian ia sesuaikan agar lebih akrab di telinga. Ide membuka kafe sudah terbayang-bayang semenjak ia bekerja di Australia. Selain dari kopi pelangi, minuman cold brew juga jadi gacoan di Calidoca.

Selain karena terbuat dari houseblend Arabika-Robusta khas Calidoca, kopi yang menurut Joanne berkarakter ‘low acidity, tinggi kafein, dan ber-aftertaste manis’ ini terasa seperti segelas wine. Proses fermentasi selama 2 hari mengeluarkan aroma dan rasa yang serupa dengan wine. Karena awalnya lahir dari iseng-iseng Joanne sembari menjaga kedai kopi Calidoca, latte-art pelangi ini tidak tertera di menu.

DSC_0236

DSC_0202

Namun sekali waktu anda mampir ke Calidoca, jangan gentar untuk membisikkan ‘kopi pelangi’ sebagai pesanan anda. Sudah terbukti, kopi pelangi ini tak hanya indah dipandang, tapi juga aman di lidah.

CALIDOCA Chocolate & Coffee
Mall of Indonesia, Lantai 2 (seberang Blitz Megaplex)
Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

Hari buka: Setiap hari
Jam buka: Pukul 10.00 – 22.00

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply