Menciptakan resep seduh dengan hasil yang sempurna rupanya bukan hanya lahan barista, Coffemates. Ahli kimia pun turun berperan.

Dr. Peter Schlumbohm adalah salah satunya. Dikenal sebagai ahli kimia eksentrik, pada tahun 1941 ia menciptakan metode seduh Chemex dengan rancangan elegan ala generasi hipster millenial masa kini. Alat seduh ini kita kenal dengan nama Chemex.

Konon, Schlumbohm terinspirasi oleh corong dan tabung Erlenmeyer dalam laboratoriumnya saat membuat alat seduh ini. Kemudian, ia memperlebar lubang udara di dalam corong untuk memberi ruang lebih agar air mudah menetes ke dalam tabung saat proses ekstraksi.

Dengan bentuk akhir seperti jam pasir berhias kayu di tengah dan ikatan pita kulit, Chemex menjadi salah satu dari 100 rancang produk era modern terbaik menurut Illinois Institute of Technology. Chemex juga mendapat tempat di Museum of Modern Art sebagai salah satu produk dengan rancangan terbaik di tahun 1943.

Menyeduh Dengan Chemex

Termasuk salah satu metode seduh tuang (pour over) yang membutuhkan saringan kertas, Chemex dipercaya menghasilkan hasil seduh yang lebih jernih dengan karakter rasa yang halus. Demi penyaringan kandungan minyak dan ampas kopi yang lebih baik, Chemex membutuhkan kertas saring yang 20-30% lebih tebal.

Saat mencoba untuk menyeduh dengan alat ini di rumah, Coffeemates, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

1) Ukuran Giling

Untuk menghasilkan seduhan terbaik dengan alat ini, kamu perlu menggunakan gilingan kopi berukuran agak kasar dengan tekstur seperti gula. Dengan kata lain, sedikit lebih halus dari gilingan untuk alat French Press. Jika gilingan kopi terlalu halus, kopi hasil ekstraksi akan tertahan kertas saring yang tebal. Namun jika terlalu kasar, ekstraksi kopi akan kurang maksimal dan air akan menetes terlalu cepat.

2) Rasio Seduh

Chemex cenderung menghasilkan hasil seduhan dengan kadar kepekatan ringan. Maka, disarankan untuk menggunakan rasio 1:10 (1 gram kopi untuk 10 ml air). Namun, seperti seduhan lainnya, kamu dapat menyesuaikannya dengan selera kopimu. Tambah takaran kopi, atau kurangi takaran air untuk mencapai hasil seduhan sesuai dengan seleramu.

3) Suhu Air

Mulanya, cobalah menyeduh dengan suhu air antara 90-96 derajat celsius. Teruslah mencoba untuk menemukan suhu air yang tepat, karena perbedaan suhu sangat berpengaruh pada hasil seduhan.

4) Waktu Seduh

Waktu ekstraksi menggunakan Chemex berkisar antara 3 hingga 5 menit, tergantung dari teknik menuang dan ukuran giling. Sama dengan alat seduh lainnya, kamu tetap harus rajin bereksperimen untuk mendapatkan hasil seduhan yang sesuai selera.

Proses dan Resep Seduh

Mulailah dengan memanaskan air di temperatur yang kamu inginkan, dan giling kopi di ukuran yang sesuai. Letakkan saringan kertas di dalam Chemex dengan benar. Lalu, tuang dengan air panas untuk meluruhkan bau. Tak lain tak bukan, karena rasa dan zat kimia pada kertas saring yang dapat mempengaruhi hasil seduhan. Selain itu, air yang dituang juga dapat membantu untuk memanaskan alat seduh dan menjaga temperatur saat proses seduh.

Langkah berikutnya, masukkan bubuk kopi dan mulailah menuang air panas dengan cara memutar dari tengah ke luar. Pada tuangan pertama, tuanglah jumlah air 2x lipat dari takaran kopi yang kamu pakai atau hingga kopi terkena air seluruhnya. Lalu, tunggu 30 detik untuk waktu pre infuse. Jika kopi yang kamu seduh cukup segar, kamu dapat melihat proses blooming. Di fase ini, bubuk kopi akan menggelembung sebagai reaksi terlepasnya karbon dioksida.

Setelah 30 detik, tuangkan lagi air perlahan memutar dari tengah ke luar tanpa menyentuh dinding Chemex. Dibandingkan menuang seluruh air bersamaan, cobalah untuk menunggu beberapa detik setiap menuang hingga mencapai takaran yang kamu inginkan.  Niscaya, hasil ekstraksi akan lebih baik. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menunggu hingga bubuk kopi kering. Ini dapat mengurangi suhu ideal.

Bagi sebagian orang yang menyukai hasil seduhan yang jernih dan ringan, Chemex menjadi alat seduh andalan. Karena bentuknya, Chemex dipercaya mampu meningkatkan aroma dari hasil seduhannya. Jika kamu memiliki biji kopi dengan banyak catatan aroma floral dan buah, Chemex dapat jadi alat yang ideal untuk memaksimalkan aroma dalam cangkir kopimu.

Selamat mencoba, Coffeemates.

(Disadur dari perfectdailygrind.com, stumptowncoffee.com,
coffee.stackexchange.com, chemexcoffeemaker.com.

Tulisan oleh Lani Eleonora;
suntingan oleh Klara Virencia.

Foto-foto ilustrasi Andreansyah Dimas.)

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply