Dinginkan Biji Kopimu! Sekarang!

Secinta itu sama kopi, sampai doyan giling biji kopi sendiri? Tips berikut ini bisa membuat secangkir kopimu lebih kaya rasa.

#57_unsplash

Alkisah, sekumpulan peneliti asal Universitas Bath, Inggris, iseng-iseng bereksperimen dengan kedai kopi Colonna and Small’s. Mereka mencoba menggiling biji kopi yang disimpan dengan berbagai temperatur, mulai dari suhu ruangan sampai -196°C. Yap, sampai lewat titik beku. Ternyata, semakin dingin biji kopi sebelum digiling, akan semakin halus dan seragam ukuran butir-butir biji kopinya yang dihasilkan.

“Kami menemukan bahwa biji kopi yang dingin akan membuat proses penggilingan lebih padat,” jelas Christopher Hendon, peneliti di Departemen Ilmu Kimia Universitas Bath. Menurutnya, metode ini meminimalisasi kemungkinan menyublimnya butir-butir halus biji kopi saat digiling.

“Dari jumlah biji kopi yang sama, bubuk kopi yang didapatkan bisa lebih banyak.”

Selain rasa yang lebih konsisten, rasa yang terekstrak juga akan lebih kaya.

“Rasanya pasti berubah. Soal bubuk kopi, perubahan ukuran sekecil apapun akan membuat perbedaan besar saat diekstrak,” jelas Christopher Hendon, mahasiswa doktoral Ilmu Kimia Universitas Bath.

Tak hanya metode giling dingin. Metode penyeduhan kopi dingin (cold brew)  juga akan lebih kuat dari segi aroma dan rasa. Demikian sabda para peneliti asal Britania Raya tersebut.

Hendon dan timnya percaya, penemuan ini dapat berdampak besar pada industri kopi. Menurutnya, tren kopi saat ini, ‘orang-orang tengah berusaha memproduksi minuman berkualitas dengan alat-alat canggih, dan tak segan mencoba hal baru’. Meski suhu kulkas rumah tidak seekstrem -196°C, prinsipnya tetap: semakin dingin biji kopinya, semakin kaya rasanya.

Eksperimen ini tidak cuma buat mereka yang doyan giling biji kopi di rumah. Kalau kamu tipe yang suka nongkrong di kafe, kamu bisa coba bisikan resep ini ke barista langgananmu. Kopi identik dengan panas? Tak selalu.

Disadur dari times.com & sciencealert.com

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply