Tambah lagi satu anak muda nusantara yang berjuang di dunia kopi.

#21_evani-2_merdeka(dot)com

Evani Jesslyn, sang barista muda. Foto: merdeka.com

Evani Jesslyn, barista muda kelahiran 18 Agustus 1990, resmi mewakili Indonesia di ajang kompetisi internasional, The Barista and Farmer. Evani merupakan satu-satunya kontestan dari wilayah Asia di antara 10 orang barista yang bersaing dari seluruh penjuru dunia di acara yang akan digelar di Sao Paolo, Brasil, 1 Mei – 13 Mei 2016 mendatang.

“Dari sembilan peserta lainnya itu, ada dua pesaing terberat. Yang saya ketahui sebagai juara dunia ajang kompetisi Barista dan ajang kompetisi Latte Art,” ucapnya.

Kesepuluh peserta itu akan ikut simulasi lengkap mengolah kopi berkualitas. Mulai dari memetik kopi, pengolahan dengan berbagai teknologi berbeda, sampai menyajikan kopi dengan beragam metode.

#21_baristafarmerlogo_europeancoffeetrip(dot)com copy “Kami akan melalui kompetisi mulai dari cara memetik kopi di kebun. Kemudian cara me-roasting kopi yang baik. Sampai dengan akhirnya pada proses penyajian yang dituntut harus sempurna,” terang anak dari pasangan Robert Honggiarto dan Ruby Sukamti ini. “Untuk bertarung di ajang bergengsi internasional ini, saya hingga saat ini mulai belajar tentang budaya dan pariwisata Indonesia. Terutama budaya Kota Semarang dan Jawa Tengah tempat saya berasal.”

Untuk ini, Evani harus berusaha keras menggali seluk beluk soal kopi di seluruh pelosok Indonesia.

“Saya sampai ngemis (meminta-minta) data tentang kopi ke pemerintah sampai sekarang namun tidak ada. Akhirnya, saya fokus ke bisnis saya. Saya juga pernah ke asosiasi kopi di Indonesia tapi tanggapannya kurang,” papar Evani sang barista muda.

Tak disangka, harapan malah datang dari akademisi di Universitas Katolik (Unika) Soegijopranoto, Semarang. Lulusan Universitas California (UC) Barkley sekaligus penyandang predikat Barista termuda yang memperoleh sertifikat Q Arabika Grader.

“Doakan semoga sukses dan membawa nama harum Indonesia di ajang Barista and Farmer Internasional kali ini,” Evani memohon doa. Sukses, Evani!

#21_evani-1_jatengpos(dot)co(dot)id

Foto: jatengpos.co.id

Disadur dari merdeka.com

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply