Pernah membayangkan apa jadinya kalau kopi, coklat, dan es krim dipadu jadi satu? Bentuknya semanis ini, ternyata, Coffeemates.

Nggak heran kalau kopi ini memecahkan rekor sebagai ‘Kopi Yang Paling Banyak Di-Instagram’ sedunia. Menurut artikel CNN.com pada Mei 2016 lalu, sejak kemunculan Coffee In A Cone pada Januari 2016, sudah hampir sejuta pengguna instagram mengunggah foto si manis ini dengan tagar #coffeeinacone.

Idenya memang sederhana: tuang saja kopi ke dalam cone es krim. Nyatanya, proses balik dapur yang dilalui sang barista asal Afrika Selatan, Dayne Levinrad, tidak semulus itu. Kopi yang dituang ke dalam wafer cone biasa malah rembes. “Wafer itu terlalu tipis,” kenang Dayne.

Dayne Levinard, sukses mematenkan #coffeeinacone setelah nyaris putus asa bereksperimen. Sumber: CNN.com

The Grind, kedai kopi di Johannesburg tempat lahirnya Coffee In A Cone. Sumber: CNN.com

“Kami akhirnya membeli mesin kami sendiri dan membuat adonan wafer kami sendiri,” jelas Dayne. “Tidak boleh sampai ada yang bocor”.

Akhirnya, Dayne menemukan kombinasi empat lapisan coklat untuk melapisi cone dengan sempurna. “Sekarang kami sudah mematenkan resep itu,” ungkap Dayne.

Sukses kopi cone racikan Dayne juga tak lain buah dari kelihaian Dayne menggunakan media sosial. Sadar bentuk kopinya sangat ‘menjual’ di instagram, Dayne menciptakan tagar #coffeeinacone.

“Kami menyiasati cone itu sebagai produk yang instagrammable. Orang-orang datang, selfie, dan mereka pun ikut menulis #coffeeinacone,” kisah Dayne.

Para penikmat kopi cone punya waktu 10 menit untuk menikmati espresso dalam sekerucut wafer ini. Lewat 10 menit, seluruh lapisan coklat akan meleleh dan kopinya pun rembes. Sembari menyeruput kopi yang masih hangat, kita bisa sembari mengunyah potong demi potong waffle yang mengelilinginya. Perpaduan rasa pahit dan manis pun mantap menyambut lidah.

Untuk sementara, kopi 3-in-1 ini Cuma tersedia di kedai milik Dayne di Johannesburg, Afrika Selatan. Mudah-mudahan saja Dayne berniat buka franchise di sini, ya! Cheers!

(Tulisan & suntingan oleh Klara Virencia;

Disadur dari iol.co.za & cnn.com.)

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply