Inilah salah satu mazhab yang diam-diam dianut para barista dan pencinta kopi: kami percaya bahwa ada kopi yang pas untuk semua orang.

#22_coldbrew-2_goodhousekeeping

Cold brew, yang kini sedang naik daun. Foto: goodhousekeeping.com

Yep, nggak beda sama nyari jodoh. Untungnya, jalan menuju jodoh yang ini mudah saja. Pertama-tama, coba tanya baristanya: yang mana jenis Arabika, yang mana Robusta. Buat yang nggak biasa minum kopi, Arabika bisa jadi pilihan menjanjikan. Kandungan kafein dan kadar asamnya lebih rendah dibanding kopi Robusta.

“Arabika punya range rasa yang lebih besar, dan di berbagai daerah bisa menemukan rasa kopi yang beragam. Sementara kopi jenis robusta rasa kopinya lebih ngumpet, lalu lebih terasa rempah seperti cengkeh. Kadar kafein dan kadar keasamannya juga lebih tinggi dibanding jenis arabika,” tutur Coffee Specialist Divisi Coffee Department Yellow Truck, Muhammad Nizar.

Selain itu, masing-masing kopi juga punya tingkat rasa pahit (bitterness) dan keasaman (acidity) yang beda-beda. “Karena semua kopi bisa diatur rasanya kalau baristanya mengerti,” lanjut Nizar.

Lain lagi tips dari barista profesional Muhammad Aga. Menurutnya, mereka yang baru pertama kali mengunjungi kedai kopi, sebaiknya mencicipi jenis kopi tertentu.

“Kalau enggak mau kopi hitam, pilihlah yang mengandung latte (susu—red) tapi jangan pakai gula,” ujarnya, dalam peluncuran Nescafe Dolce Gusto Oblo di Kuningan, Selasa, 26 April 2016.

#22_coldbrew-3_hamptoncoffeecompany(dot)com

Susu sudah cukup memperkaya rasa, tanpa perlu ditemani gula. Foto: hamptoncoffeecompany.com

Menurut Aga, latte atau susu sudah mengandung gula. Rasa manis dari susu pun akan makin terasa jika kopi dipanaskan. Dengan menambah gula, maka resiko terkena diabetes lebih tinggi. Tapi, wajar bila mereka yang tidak biasa minum kopi justru anti dengan pahit kopi. Untuk mereka-mereka, gula sedikit saja tak apa.

“Nanti lama-lama kurangi sampai enggak pakai gula lagi,” saran Aga. Selain itu, mereka juga bisa secara khusus nanya dan minta dibikinin barista kopi yang nggak strong. Kali ini, jodoh adanya di tangan barista.

Duhai kalian manusia-manusia yang masih belum kepincut nikmat kopi… teruslah mencari!

#22_coldbrew-1_techinsider(dot)io (resized)

Foto: techinside.io

Disadur dari travel.kompas.com, tribunnews.com, & jkt.life

Related Post

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply