Jika kamu penikmat kopi dan ingin melupakan masa lalu, mungkin ini bukan fakta yang ingin kamu dengar. Selain mempererat tali silahturahmi, nyatanya kopi juga mampu mempererat jaringan memori.

Setiap seseorang mempelajari hal baru, jaringan-jaringan DNA di otak kita akan terkikis. Seharusnya, sel-sel otak kita dapat dengan cepat memperbaikinya. Sayang, kemampuan sel-sel otak memperbaiki jaringan DNA menurun seiring dengan usia yang terus menerus bertambah. Kerusakan DNA yang menumpuk tersebut membuat kita lebih mudah melupakan sesuatu.

Lagi-lagi, kopi jadi jawaban. Menurut hasil penelitian dari profesor neuroscience di universitas Massachusets Institute of Technology (MIT), kopi dapat membantu memperbaiki kerusakan jaringan DNA di otak.

Dikuatkan oleh penemuan dalam Molecular Nutrition and Food Research,  kopi hanya butuh waktu dua jam  untuk mengurangi kerusakan jaringan DNA ini. Demi membuktikan ini, tim peneliti dari Universitas Kaiserslautern di Jerman meneliti 13 laki-laki sehat dengan memberikan 200ml kopi sebanyak empat kali selama delapan jam. Setelah dua jam, tes darah para subjek penelitian menunjukkan pengurangan kerusakan jaringan DNA. Sementara, dalam waktu delapan jam, pengurangan kerusakan DNA oleh kopi mencapai lebih dari 30% dibanding dengan sebelum eksperimen dilakukan.

Seorang ilmuwan neurosains lain, Chuanhai Cao, menyarankan orang dewasadengan ingatan yang mulai kabur untuk mengonsumsi kopi sekitar tiga cangkir per hari untuk mencegah penyakit Alzheimer. Atau setidaknya,memperlambat waktu sampai terjangkit dan menurunkan risiko Alzheimer.

Jika kamu salah satu orang yang tidak memiliki gen kopi maka tidak perlu bersedih hati. Kopi cold brew solusinya! Dengan tingkat kafein yang sama dengan kopi hitam biasa, cold brew hadir dengan tingkat keasaman yang lebih rendah. Menurut Josh Melzer dari Epoca International Inc., penggagas Primula Coffee Maker, cold brew juga menawarkan sensasi rasa kopi yang lebih halus dan tingkat keasaman yang 65% lebih rendah dibandingkan kopi panas.

Di tengah panas terik siang hari yang seringkali membangkitkan emosi, secangkir cold brew niscaya ampuh mendinginkan panas di hati. Berendam dalam ingatan, dan merawat kenangan yang seburuk-buruknya pun masih bisa jadi pembelajaran.


(Tulisan oleh Lani Eleonora,
suntingan oleh Klara Virencia;

Informasi disadur dari rd.com, alzheimers.net,
& medicalnewstoday.com)

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply