Dalam semangat menangkal isu SARA pada aksi demonstrasi ‘Gerakan Bela Islam II’ di hari Jumat (4/11), sejumlah kedai kopi di Jakarta memutuskan untuk membagikan kopi gratis. Demo yang mulanya terselenggara untuk mendesak proses hukum atas kasus ‘penistaan agama’ oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama tersebut menjadi kental dengan isu-isu SARA dalam beberapa hari belakangan ini.

Semangat menangkal isu SARA dikemukakan oleh ABCD School of Coffee melalui pernyataan di akun instagramnya (@abcd_coffee):

Coffee is all about diversity. And coffee unites us. Kalau Indonesia adalah negara kopi, berarti Indonesia adalah negara yang beda, dan perbedaan adalah ke-Indonesia-an.”

161103-beda-itu-indonesia_1

Cuplikan video Beda Itu Indonesia yang ramai beredar di instagram sejumlah kedai kopi, sejak Kamis (3/11) siang tadi.

Pernyataan tersebut diunggah berdampingan dengan video Beda Itu Indonesia (#bedaituindonesia). Video berdurasi 58 detik itu berisikan seruan untuk mengenakan ‘sepatu belang’, beda antara pasangan kiri dan kanan. ‘Sepatu belang’ ini, menurut pesan di video tersebut, merupakan simbol kebhineka-an Indonesia yang ‘maju jalan bersama, meski kita berbeda’. Gerakan ini turut disuarakan sejumlah kedai kopi lain di Jakarta, melalui akun instagram mereka masing-masing, beserta dengan janji ‘kopi gratis’ untuk siapapun yang mengenakan sepatu belang saat mengunjungi kedai kopi mereka pada Jumat (4/11) atau Sabtu (5/11) besok.

ABCD School of Coffee sendiri bukan inisiator gerakan ini. Melalui akun Ruang Seduh (@ruangseduh), ABCD School of Coffee menyatakan  ‘tidak mengenal siapa yang mengawali gerakan ini dan siapa yang membuat video yang kami post di sini.’.

Christian Yodhie dari ABCD School of Coffee, melalui pernyataan tertulis via surel, mengaku mendapat video bertajuk Beda Itu Indonesia itu melalui grup WhatsApp teman-teman baristanya di Ruang Seduh.

“Kami segera memutuskan untuk mendukung gerakan ini dalam bentuk membagikan kopi Guatemala Gesha gratis kepada pengunjung yang mengenakan sepatu kiri dan kanan yang berbeda ke Ruang Seduh Kemang,” papar Christian Yodhie.

beda-itu-indonesia-3

‘Sepatu belang’ kiri dan kanan, seruan kebhinekaan berhadiah kopi gratis di hari Jumat (4/11).

Mayoritas kedai kopi, termasuk Ruang Seduh Kemang, menyelenggarakan gerakan ini pada Jumat (4/11) besok, dengan pilihan biji kopi masing-masing. Pigeon Hole Coffee (@pigeonholecoffee) di Bintaro, misalnya, menjanjikan Ethiopia Yirgacheffe Kochere. Say Something Coffee (@saysomethingcoffee) di Meruya menjanjikan secangkir kopi Jawa Gunung Halu, diseduh secara filter.

Turut meramaikan sehari pasca demonstrasi, Origin.co (@origin.co) di Serpong, Bean Here Coffee (@beanherecoffee) di Kelapa Gading, dan Spotten.id (@spotten.id) di Alam Sutera, memutuskan untuk berbagi kopi gratis pada Sabtu (5/11). Ngopiisme Coffee & Roastery (@ngopiisme) di Bekasi menjadi satu-satunya kedai kopi yang menjanjikan kopi gratis selama tiga hari berturut-turut (4-6 November 2016), dengan pilihan 14 biji kopi lokal.

Melalui penelusuran kopikini.com, hashtag #sepatubelang ini pertama kali di-posting oleh account @widimakeup dalam bentuk foto, empat hari yang lalu. Sementara, video kampanye Beda Itu Indonesia sendiri pertama diunggah 3 hari lalu oleh akun @esmimbo. Berdasarkan keterangan foto yang diunggah akun @sisiwi, foto-foto bertemakan ‘sepatu belang’ ini diambil saat CFD hari Minggu (30/10) lalu.

Sementara itu, kedai kopi pertama yang mengunggah video Beda Itu Indonesia adalah kedai kopi di wilayah Serpong, Origin.co (@origin.co), sekitar pukul 11 siang, Kamis (3/11) tadi.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari masing-masing akun tersebut mengenai pihak yang memulai gerakan ini, atau mengenai keterkaitan antar gerakan ini.

Dalam video Beda Itu Indonesia tersebut, tidak ada pesan eksplisit untuk mengenakan ‘sepatu belang’ pada 4 November 2016, maupun gerakan ‘kopi gratis’ pada hari demonstrasi.

[UPDATE (4/11): Di Balik Video Viral Kedai-kedai Kopi, Kolektif ‘Mawar’]

Hingga pukul 20.38, terekam kedai-kedai kopi yang mendukung #sepatubelang adalah lewat akun instagramnya, antara lain: @origin.co, @ruangseduh, @pigeonholecoffee, @casaverde_jkt, @coffeesmithjkt, @traffiquecoffee, @beanherecoffee, @spotten.id, @turningpointcoffee, @getbackcoffee, @beecybikesnbeans, @doppiocoffee_jkt, @littletalkcoffee, @saysomethingcoffee, @koultoura, @ngopiisme, dan @farmerscoffee. Gerakan ini juga menarik dukungan kedai kopi luar ibukota, seperti Coffeeville (@coffeevillebrewery) di Magelang, & Society Coffee House (@societypurwokerto) di Purwokerto.

Kedai-kedai kopi yang turut serta dalam gerakan ini dapat ditelusuri melalui tagar #sepatubelang di instagram.

(Tulisan & suntingan oleh Klara Virencia.)

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply