Dari Ombe Koffie di Utara dan Djule Koffie di Selatan, kini hadir Maarkeze di pusat kota Jakarta.
Sebuah
preview spesial dari Ve Handojo selaku pengamat kultur kopi, untuk Kopikini.com.

Kisah sukses Ombe Koffie menjadi fenomenal karena berhasil membuka pasar baru untuk specialty coffee di area Pluit yang tidak dianggap “hipster”. Kekuatan Ombe Koffie tidak terletak di tampilan yang cantik. Kopi yang dihadirkan memang berkualitas, namun sesungguhnya yang membuat Ombe Koffie dicintai dan berbeda dengan specialty coffee shops lain adalah suasana kekeluargaan yang tiada tandingannya.

Sebagai pemilik dan juga barista, Jason Leo alias Oom Jason tidak pernah lalai menyapa dan melayani setiap tamunya dengan penuh semangat. Lebih dari itu, Oom Jason juga membantu menjalin hubungan antar pengunjung tetap Ombe Koffie. Dalam waktu singkat terjalinlah komunitas People of Ombe.

Setelah membuka Djule Coffee di bilangan Melawai, kini Oom Jason bersama sebagian dari People of Ombe membuka Maarkeze di Grand Indonesia.

lrm_export_20160927_160247

lrm_export_20160927_160420

Maarkeze, alias “markas”, menjadi menarik untuk diamati sebagai satu tahap evolusi penting dari Ombe Koffie. Mungkinkah keramahtamahan dan suasana kekeluargaan yang biasanya diterapkan di sebuah neighborhood coffee shop seperti Ombe Koffie dan Djule Coffee bisa tercipta juga di sebuah kedai kopi dalam salah satu shopping mall paling ramai di Jakarta?

Bagaimana dengan idealisme specialty coffee yang kini mau dihadapkan dengan pasar yang jauh lebih luas dan lebih variatif di dalam sebuah shopping mall?

Intinya, apa jawaban Maarkeze kalau diminta Iced Strawberry Cappuccino?

lrm_export_20160927_160914

Sepasukan minuman dingin siap meladeni customer yang hendak bertransisi dari kedai kopi international franchise ke specialty coffee. Ada cold brew, nitro cold brew, cold salted caramel latte, dan iced choco coffee malt.

Bar dipersenjatai dengan dua unit Mahlkonig Peak espresso grinder, satu unit Mazzer Kony Electronic, satu unit Mahlkonig EK43 grinder, serta satu unit LaMarzocco Strada dengan tiga grup. Amunisinya berupa pilihan kopi dari berbagai roaster. Jamaica Blue Mountain dan Panama Gesha sudah muncul di kartu menu.

Kursi-kursi tinggi akan mengelilingi bar tersebut sehingga penikmat kopi bisa langsung akrab berkomunikasi dengan para barista yang bertugas. Dua sofa besar Chesterfield dipastikan bakal menjadi tempat nongkrong yang paling diperebutkan. Meja-meja makan kecil disiapkan juga untuk pengunjung menikmati pilihan makanan berupa pizza porsi individual dan berbagai sandwich.

lrm_export_20160927_161034

lrm_export_20160927_160549

Mulai Rabu, 28 September 2016 pukul 10 pagi, Maarkeze yang terletak di bagian ujung Central Department Store lantai 1, Grand Indonesia East Mall ini siap jadi markas penikmat kopi. Sementara banyak local brands lain yang juga menyerbu mal, Maarkeze diharapkan mampu tetap menggembos atmosfir kebersamaan dan kekeluargaan yang akrab karena demikianlah akar dari keberhasilan Ombe Koffie yang fenomenal.

lrm_export_20160927_160033

(Tulisan & foto oleh Ve Handojo;
suntingan oleh Klara Virencia.)

Ve Handojo

About Ve Handojo

Ve Handojo adalah seorang penulis sekaligus salah satu pendiri ABCD School of Coffee dan Ruang Seduh. Ia juga menjadi juri di berbagai kompetisi kopi. ABCD School of Coffee juga menyelenggarakan kompetisi-kompetisi kopi berskala nasional. Instagram: @vehandojo @abcd_coffee.

Leave a Reply