Jangan main-main soal kopi dengan orang Italia.

Australia  memang punya Melbourne yang disebut-sebut sebagai ibukota kopi di tengah badai spesialti ini. Di sisi lain, Amerika bisa jadi berperan besar dalam mempopulerkan nama-nama macam cafe latte, cappuccino, macchiato, dan espresso ke berbagai belahan dunia lewat gerai waralaba berlogo duyung hijau itu. Namun Italia punya kelasnya sendiri.

Negara yang jadi tempat lahirnya minuman espresso, memandang minuman-minuman tersebut dengan cara yang berbeda. Tidak tersentuh oleh heboh-heboh tren kopi global. orang-orang Italia ngopi dengan cara yang sama setiap harinya  sejak tahun 40-an.

Jenis kopi yang bisa dipesan pun tidak sembarangan. Jika kita biasa  memesan kopi apapun kapanpun kita mau, orang Italia punya kebiasaan soal jenis kopi apa yang harus diminum di waktu tertentu. Biasanya, cappuccino diminum untuk mendampingi sarapan, tidak lebih dari jam 11 siang; macchiato dinikmati usai makan siang sebelum kembali bekerja, dan espresso disajikan usai makan malam.

Masing-masing cangkir ini mereka pesan satu kali setiap pagi; satu lagi usai makan siang sebelum kembali mulai bekerja; dan terakhir, satu kali setelah makan malam sebelum mereka melakukan ‘passeggiata’ atau jalan santai keliling kota sambil bersosialisasi.

Jika kamu memiliki kesempatan untuk menikmati kopi di Italia, ada baiknya kamu mengenal perbedaan jenis-jenis kopi ini dan tata cara memesannya.

Caffè

Jenis yang akrab disebut caffè normale ini, tak lain tak bukan, adalah espresso. Sejatinya, tak perlu mengatakan espresso di depan barista, ‘un caffè’ saja sudah cukup. Jika kamu ingin memesan doppio atau double espresso silahkan, namun ini bukan kebiasaan orang Italia. Meski mengkonsumsi banyak kopi, mereka selalu memesan dosis kecil. Jika memang membutuhkan dosis kafein lebih, biasanya orang Italia akan menghabiskan pesanan pertama terlebih dulu sebelum memesan lagi.

Cappuccino

Sama seperti yang kita kenal di sini, cappuccino terdiri dari espresso, susu, dan busa susu dengan rasio perbandingan yang sama. Selalu dinikmati sebelum atau saat sarapan, tapi tidak pernah sesudahnya.

Caffè Latte

Pilihan yang lebih creamy dari cappuccino, dengan rasio 1:2 antara espresso dan susu. ditambah sedikit busa susu di  atasnya. Sama seperti cappuccino, caffè latte biasa dinikmati di pagi hari.

Caffè Macchiato

Tidak seperti minuman espresso bersusu lainnya, macchiato dapat dipesan dan dinikmati sepanjang hari. Berbeda dengan macchiato versi gerai kopi waralaba internasional yang berukuran besar,  macchiato versi Italia dibuat dari espresso dengan hanya sentuhan sedikit susu berbusa di atasnya. Sebut saja, macchiato tradisional.

Jangan syok dengan ukurannya. Sumber: favouriteslounge.co.uk

Caffè Americano

Coffeemates, jika bisa hindari memesan minuman yang satu ini. Seperti namanya, ini adalah produk rekayasa Amerika. Terdiri dari secangkir espresso dengan tambahan air panas, beberapa menganggap ini sebagai penghinaan terhadap espresso.

Caffè Lungo

Serupa tapi tak sama, jika disejajarkan tampak sulit membedakan americano, long black, dan caffè lungo. Ketiganya sama-sama berbahan dasar espresso dan air panas.

Bedanya, dalam secangkir americano, air panas ditambahkan setelah espresso dituang ke dalam cangkir. Sebaliknya pada long black, air panas terlebih dahulu dituang ke dalam cangkir sebelum disusul oleh espresso. Karena perbedaan ini, long black memiliki krema yang cenderung lebih baik dibanding americano.

Sementara itu dalam pembuatan caffè lungo, tambahan air panas tidak terpisah dari proses brewing. Jika espresso biasa memakan waktu pembuatan 18 hingga 30 detik dan membutuhkan 25 hingga 60 mililiter air,  caffè lungo membutuhkan waktu sekitar 1 menit dan membutuhkan 130 hingga 170 mililiter air.

Karena porsi yang dihasilkan lebih sedikit dari long black, lungo juga dikenal dengan sebutan short black.

Ristretto

Jika diibaratkan dengan pertalian keluarga, ristretto bisa dibilang adik dari espresso. Sementara lungo adalah kakak tertua.

Kebalikan dari lungo, ristretto adalah versi lebih kecil dari espresso. Dengan jumlah bubuk kopi yang sama, ristretto diekstraksi dengan porsi air setengah dari espresso. Ristretto sendiri berarti ‘terbatas’. Dengan porsi yang lebih kecil dari espresso, ristretto memiliki tingkat pahit yang lebih rendah dan karakter rasa yang lebih kuat.

Caffè Corretto

Jika sebelum makan malam kamu membutuhkan minuman santai setelah hari yang panjang, cobalah caffè corretto. Secara harfiah, caffè corretto diartikan sebagai ‘kopi yang diperbaiki’. Dalam hal ini, diperbaiki oleh alkohol. Terdiri dari espresso, dengan tambahan sedikit ‘Grappa’—minuman beralkohol asli dari Italia–sambuca,  atau minuman beralkohol apapun pilihanmu. Di sini, alkohol dijadikan sebagai solusi untuk memperbaiki hari.

Caffè Freddo

Caffè freddo adalah jenis kopi yang dapat menjadi solusi saat suhu udara sedang terik-teriknya. Dibuat dengan tambahan gula dan es, espresso untuk caffè freddo dikocok jadi satu hingga menghasilkan sedikit busa ketika dituangkan ke dalam gelas. Minuman ini menjadi semacam sentuhan kesegaran kafein di tengah cuaca musim panas Italia.

Gran Caffè Speciale

Konon, ini jenis espresso terbaik yang harus kamu coba ketika berkunjung ke Italia. Minuman yang hanya bisa kamu nikmati di cafè Sant Eustachio, Roma, ini merupakan double espresso dengan karakter ekstra creamy.

Coffeemates, semoga dengan ini kamu dapat memesan kopi tanpa menyinggung budaya yang sudah melekat selama berabad-abad di kehidupan masyarakat kopi Italia!

(Disadur dari foodandwine.com, perfectdailygrind.com, nellositaly.com, halaman wikipedia untuk ‘ristretto’ & ‘lungo’, bonappetit.com, yourguidetoitaly.com.

Tulisan oleh Lani Eleonora;
suntingan oleh Klara Virencia.

Foto-foto caffe freddo disadur dari coffeetasse.com & liveitalian.com,
macchiato dari favouriteslounge.co.uk,
gran caffe specialle dari santeustachioilcaffe.it,
& diagram ‘Caffe Italiano’ dari speakitalian.org.)

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply