#59_Sprudge-CoffeeOnInstagramSixImpossibleThings-AnnaBrones-Zac-Tuckett-5

Bujang asal Melbourne, negeri Australia ini dikenal melalui instagramnya, @six_impossiblethings. Zac Tuckett, sang bujang, mengambil nama ini dari sebuah kalimat ikonik di dongeng klasik ‘Through the Looking Glass’: ‘Why, sometimes I’ve believed as many as six impossible things before breakfast.’ (Kadang, setiap sebelum sarapan, aku melamunkan hal-hal yang tidak mungkin sampai enam kali). Tuckett berpikir, ‘sepertinya bagus untuk nama kafe atau semacamnya’.

Ia dulu memang sempat meramu kopi sebagai barista di Abbotsford Club, Melbourne. Kini, ia berkarir sebagai ahli penyakit kaki. Di sela-sela waktunya, Zac meramu kopi hanya untuk kesenangannya dan bahan bercandaannya sendiri. Ia pun sering geli ketika ada yang menganggap kelakuannya terlalu serius.

#59_Zac Tuckett-watermelon coffee

Nggak, kucing gue nggak beneran nyeduh kopi. Nggak, gue nggak mikir  handstand pas nyeduh pakai Aeropress sebagai pencapaian atau gaya-gayaan. Nggak, gue nggak pernah bilang nyeduh kopi filter berbalut semangka sebagai inovasi kopi terkini,” jelas Zac. “Tapi, yah, kadang gue emang nyeduh sembari telanjang.”

#59_Zac Tuckett-brewing nude

Zac jatuh cinta dengan kopi dengan cara klasik. Sebelum jadi pecandu kopi, Zac bisa minum sampai 1 liter Red Bull sehari. Orang-orang terdekatnya cemas, dan membujuknya untuk beralih ke kafein kalau memang pengin ‘melek’. Alhasil, Zac malah jadi keranjingan lompat dari satu kedai ke kedai lain demi mencicip kopi. Bukan untuk doping harian, tapi mengejar rasa.

Baru-baru ini Zack menceritakan kisah di balik keusilannya.

Ceritakan tentang proses kreatifmu.
Sebagian besar foto di Instagram itu buat bahan becandaan; Gue emang nyoba bikin sesuatu yang beda, sesuatu yang langsung menarik perhatian, sesuatu yang belum pernah dikulik. Gue nggak terlalu banyak habis waktu di ambil atau edit foto. Gue sudah punya bayangan akan seperti apa gambarnya dari awal, di kepala gue. Kurang lebih kayak gini proses ‘bertapa’ di balik foto-foto gue: Saat mandi, “Ada nggak ya yang pernah mandi berendam pakai cairan kopi?” Saat lihat kucing gue bertingkah aneh-aneh: “Ya ya ya, bikin kopi dulu lo sana.”


Saat pose headstand di tengah kelas yoga: “Mmm, pengin kopi deh. Nyeduh di posisi ini enak kali ya.” Gue sering kepikiran ide, dan biasanya kepikiran terus sampe gue beneran coba.

Foto-fotomu yang berpose yoga amat menarik. Apa inspirasinya?
Ah! Inspirasi pose yoga gue—seorang cewek! Waktu itu gue mikir, lucu kali ya nyeduh pakai pose yoga buat narik perhatian doi. Lucunya, dia nggak doyan kopi. Sampai hari ini gue masih bikinin kopi buat dia, dan dia tetap ngotot bahwa gue nggak bisa nyeduh kopi.

#59_Zac Tuckett-yoga brewing

Kau juga menyeduh kopi langsung ke mulut, ya—gimana ceritanya itu?
Itu lucu-lucuan aja, gue juga aslinya nggak percaya sama cara seduh itu. Mending gue langsung ngunyah biji kopi (Beneran pernah waktu itu, pas lagi ikut ultramaraton. Biji kopi lapis coklat, mmm).

Itu helm seduh kopi, kau yang buat? Beneran bisa buat nyeduh kopi? Kalau iya, seberapa sering kau pakai?
Oh, beneran bisa kok. [Tapi] Gue nggak total bikin, cuma modif dikit. Biasanya itu dipakai sama pecandu alkohol sih. Gue cuma pernah pakai dua kali! Buat kopi 😉

#59_Zac Tuckett-brewing helmet 2 Apa yang menginspirasimu?
Gue menghargai orisinalitas, dan kegigihan orang yang ngejar cita-citanya. Gue kagum banget sama orang yang punya deep passion, apapun keahlian dia. Gue suka intelektualitas, buat gue itu sangat menarik.

Kalau kau bisa minum kopi dengan siapapun di dunia, siapa dan kenapa?
Susah ya. Mungkin cewek gue. Kenapa? Karena dia nggak peduli kopi sama sekali. Mungkin dia bukan manusia.

Coba bayangkan teman-temanmu menyelesaikan kalimat ini, “Zac itu orangnya…”? Zac itu penuh rasa penasaran, ingin tahu tentang dunia. Zac itu penuh perhitungan dan random. Zac itu ‘ancur’ tanpa kopi.

#59_zac tuckett-brewing helmet

Disadur dari wawancara Zac Tuckett dengan sprudge.com & brewingisforeveryone.com.
Foto-foto dialihkan dari akun instagram Zac Tuckett, @six_impossiblethings.

Related Post

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply