#11_otten-3_tripadvisor

Foto: tripadvisor.com

#11_otten-1_startupbisnis(dot)com

Foto: startupbisnis.com

Semacam toserba online bagi para barista, Otten Coffee turut memanjakan mereka yang berkunjung ke tokonya di Medan. Alat-alat pemrosesan kopi berjejer dalam rak-rak tunggal yang masing-masing berwarna hijau, kuning, atau merah. Serunya, alat-alat ini bukan cuma pajangan, tapi boleh banget dibawa pulang.

#11_otten-4_krema.id

Peralatan meracik kopi berjejer dalam rak warna warni di Otten Coffee. Foto: krema.id

Di samping menyediakan alat-alat kopi, Otten Coffee juga merangkap kafe specialty coffee. Jhoni Kusno dan Robin Boe, sepasang jebolan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STMIK Mikrosil Medan, memulai Otten semata karena keduanya kadung cinta pada kopi. Ditambah lagi, Jhoni sendiri gemar mengoleksi alat-alat pembuat kopi.

“Awalnya lebih ke ekspor (biji kopi), green bean. Baru setelah itu ke alat-alat kopi,” kisah Robin, yang menemani kami mengobrol di Otten hari itu. Memasuki delapan tahun usianya, Otten Coffee tetap memilih setia dengan Medan dan tidak membuka cabang.

#11_robin boe-SWA

Robin Boe, salah satu pendiri Otten Coffee. Foto: Majalah SWA

“Karena kita mikirnya di Indonesia ini ada 18.000-an pulau. Dan kalau kita buka outlet, kayaknya agak susah ya. Kita buka online supaya bisa terjangkau di seluruh Indonesia.” Otten Coffee memperluas jangkauannya lewat ottencoffee.co.id sejak 2013.

Selain memasarkan peralatan barista, Otten Coffee juga menerbitkan majalah dan artikel-artikel yang membahas A sampai Z tentang kopi, mulai dari kesalahan cara pakai penyeduh french press, sampai ulasan SCAA Expo terkini di Atlanta, Amerika.

“Soalnya untuk mendapatkan edukasi kopi, atau hal-hal tentang kopi kan jarang informasinya. Ada yang melenceng ke mana-mana, gitu. Karena di sini udah ada wadahnya, terus kita kembangkan aja,” Bernice selaku Marketing PR Otten Coffee menambahi.

‘Majalah’ Otten Coffee juga menghadirkan video tutorial cara membuat kopi manual. “Emang market kita pengopi, gitu. Dengan adanya internet sekarang, accessible banget,” ujar Jhoni.

Selain memanjakan barista, Otten juga punya koleksi alat-alat untuk para penikmat kopi di rumah.

Teruntuk para barista dan coffee-nerd, Otten memang juara!

Disadur dari Viva Barista (Annisa ‘Abazh’ Amalia, Gianni Fajri, Handoko Hendroyono, & tim Maji Piktura), techinasia.com, Majalah SWA, & Majalah Otten Coffee.

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply