Lukisan di atas kopi kini tidak lagi monoton coklat-putih. Barista dari dua belahan dunia yang berbeda, Mason Salisbury asal Las Vegas dan Emily Coumbus asal Brisbane, kini menghiasi lukisan kopi mereka dengan warna warni pelangi.

Mason Salisbury, barista di kedai Samabalatte, sejak lama menggandrungi seni melukis dengan latte (latte-art). Melalui akun instagramnya (@ibrewcoffee), ia pernah menantang barista lain untuk melukis kopi dalam ajang Latte Art Throwdown (tantangan latte-art). 4 bulan lalu, ia bereksperimen melukis latte-art dengan pewarna makanan.

Mulanya Mason menggunakan pewarna makanan untuk berlatih latte-art agar tidak buang-buang espresso. Saat tekniknya sudah lancar, Mason kembali mencampur espresso dalam minuman warna-warninya. Hingga kini, Mason masih menggunakan pewarna makanan untuk melatih barista-barista baru. Namun dirinya sudah ‘terlanjur’ identik dengan kopi pelangi.

Sementara, Emily Coumbis memulai coba-coba membuat kopi warna-warni tiga bulan yang lalu. Feed instagramnya (@em321) tiga bulan belakangan dipenuhi kopi berlukiskan angsa warna-warni. Boleh jadi tekniknya mirip dengan Mason, mencampur pewarna makanan ke dalam susu yang dipakai untuk melukis.

#67_emily em321 rainbow milk jug

Namun Emily Coumbis menorehkan ciri khas tersendiri dengan sapuan yang halus dan motif angsa. Jika Mason lebih identik dengan garis tegas dan warna-warna neon kontras, Emily lebih bermain dengan gradasi warna yang menimbulkan efek campuran membaur.

#67_emily em321 rainbow swan

#67_emily em321 bluish rainbow swan

Terkadang, lukisan menggemaskan di atas permukaan espresso sudah manjur bikin senyum di pagi hari. Terbayang kalau pagimu dibuka dengan warna-warni a la pelangi?
Simak karya-karya Emily Coumbis di laman instagram @em321, dan Mason Salisbury di @ibrewcoffee.

#67_emily em321 drinking
#67_mason pouring

Disadur dari cosmopolitan.com, lonelyplanet.com, & thekitchn.com

 

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply