Kopi tidak bisa dilepaskan dari pembicaraan tentang revolusi atau pergerakan sosial. Kehadirannya secara tidak langsung menginspirasi banyak orang untuk berkumpul, menyatukan ide, dan membuat perubahan. Tercatat dalam banyak sejarah revolusi, kedai kopi menjadi rumah para revolusioner.

Belanda yang pertama kali memproduksi kopi untuk kepentingan komersial di daerah jajahannya — Sri Lanka, Indonesia dan Amerika Selatan — pada akhirnya juga berperan dalam banyak pergerakan sosial. Saat Belanda memasarkannya di seluruh Eropa, kedai-kedai kopi pun mulai bermunculan.

Pada tahun 1675, kedai-kedai kopi di London bahkan menjadi mimbar bagi para politisi dalam menyerukan ide-ide politiknya. Kedai kopi menjadi seperti sekolah bagi orang-orang yang ingin menggali ilmu. Diskusi politik, ilmu pengetahuan, astronomi, hingga ilmu sufi pun dapat muncul di tiap meja.

Kedai kopi digadang-gadang menjadi tempat lahir dan tumbuhnya ide-ide revolusioner. Tidak terkecuali ide revolusioner dari bapak bangsa kita Ir. Soekarno.

Kedai-kedai kopi di Amerika pada akhir abad ke-19 pun dianggap sebagai tempat berbahaya. Pasalnya, di sanalah para revolusioner berkumpul dan menyusun rencana pemberontakan menuju kemerdekaan. Anarkisme, komunisme, kebebasan dan ide-ide ‘berbahaya’ lainnya berjalan beriringan dengan budaya kedai kopi.

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun ke-72 kemerdekaan Republik Indonesia, tim kopikini.com mengajak kamu Coffeemates di dalam kedai kopi. Kabar baiknya, banyak sekali promo kedai kopi yang dapat kamu nikmati di hari kemerdekaan. Siapa tau, ide-ide revolusioner pun muncul di kepala.

Pernah ada masanya ketika 10 pemuda berkumpul di kedai kopi maka dunia pun akan terguncang.

  1. Ottoman’s Coffee

Jl. Pluit Karang Utara No. 119, Jakarta Utara

Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia, Ottoman’s Coffee menyediakan house blend terbaru mereka yang diberi nama Soekarno Blend. Tentu saja terinspirasi dari presiden pertama Indonesia yang juga merupakan penggemar kopi.

Dalam house blend ini, Harison sebagai barista sekaligus salah satu pemilik Ottoman’s Coffee mencampur 90% biji kopi Sunda Arummanis dengan 10% biji kopi Jambi Kerinci. Jika kamu besok menyempatkan diri melipir ke kedai Ottoman’s Coffee, kamu akan berkesempatan mencoba Soekarno Blend gratis hanya dengan mengunggah foto makanan pesanan kamu ke sosial media.

Ottoman’s Coffee

 

Trafique

  1. Trafique Coffee

Jl. Hang Tuah Raya No.9, Jakarta Selatan

Kedai kopi ini akan memberikan promo menarik bagi siapa saja yang hadir. Trafique Coffee akan memberikan potongan 30% untuk semua minuman setiap kamu membeli makanan apa saja.

  1. Rubiaceae

Jl. Radio Dalam Raya No. 11 A, Kebayoran Baru

Kedai kopi yang digawangi oleh para barista perempuan ini akan menyediakan potongan 17% untuk semua menu yang tersedia.

  1. Gordi

Jl. Jeruk Purut No.25, Cilandak Timur, Jakarta Selatan

Hari kemerdekaan menjadi saat yang tepat bagi kamu untuk memakai baju dengan paduan warna merah dan putih dengan penuh kebanggaan. Setelah itu silahkan mampir ke kedai kopi Gordi sembari menikmati kopi dengan potongan harga 17% dengan semangat ’45.

  1. Harapan Djaya Coffee Roasters

Jl. Panglima Polim V No. 36, Jakarta Selatan

Jadilah yang pertama menghabiskan es krim dalam waktu 72 detik tanpa dipegang. Lalu dapatkan uang tunai senilai Rp. 720.000 ditambah satu bungkus biji kopi Harapan Djaya kemasan pertama.

Kamu bisa mendaftarkan diri dari sekarang melalui pesan langsung di akun instagram @harapandjaya untuk mengikuti perlombaan pada pukul 10.00 tanggal 17 Agustus 2017.

  1. Lacoco Cafe

Jl. Raya Pondok Kelapa Blok A12 No. 10, Jakarta Timur

Coffeemates, tanggal 17 Agustus menjadi hari keberuntungan bagi kamu yang bernama Agus. Siapapun kamu, silahkan mampir ngopi di Lacoco Cafe dan dapatkan potongan 17% untuk setiap pesanan kamu. Begitupun jika kamu berulang tahun tepat pada tanggal 17 Agustus, kamu akan mendapatkan satu makanan gratis di kedai ini.

Selain itu, kamu juga dapat mengajak ayah, paman atau kenalan kamu yang berumur 45 tahun, karena tersedia minuman gratis bagi mereka. Promo ini berlaku pada tanggal 16-18 Agustus 2017.

  1. Dua Cipete

Jl. Cipete Raya No. 66, Jakarta Selatan

Coffeemates, jika kamu termasuk menjadi 50 pengunjung pertama kedai kopi Dua Cipete pada tanggal 17 Agustus 2017 nanti, pastikan kamu berbelanja di atas Rp. 50.000. Pasalnya, Dua Cipete sudah menyediakan 50 topi gratis bagi kamu.

Seluruh keluarga besar kopikini.com mengucapkan selamat merayakan hari kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di kedai kopi pilihanmu. Apa pun pilihan jenis kopinya, kita tetap disatukan oleh satu hal yang sama-sama membuat kita jatuh hati. Yakni, kopi itu sendiri. Semoga perayaan keberagaman dalam pilihan biji kopi yang dapat kita nikmati juga mampu menginspirasi semangat keberagaman dalam berbangsa.

 

(Tulisan dan suntingan oleh Lani Eleonora

Foto hitam putih diambil dari gaspee.org

Foto-foto kedai kopi dan suntingan foto oleh Andreansyah Dimas

Hubungan Kerjasama oleh Andreansyah Dimas)

 

Related Post

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply