Pada 1 Oktober 2015, International Coffee Organization bersama segenap asosiasi dan pebisnis yang bergerak di dunia kopi bersepakat meresmikan tanggal tersebut sebagai Hari Kopi Internasional.

Memasuki tahun ke-2nya, Hari Kopi Internasional menghimpun perayaan kopi dari berbagai negara lewat laman resmi International Coffee Day. Di Indonesia, beberapa kota punya pesta kopinya sendiri.

 

SEMARANG – It’s Coffee Day!

Tahun ini, kota Semarang menjadi tuan rumah Hari Kopi Internasional di Indonesia. Acara yang diselenggarakan oleh PT. Taman Delta Indonesia ini menghimpun berbagai pelaku industri kopi dari hulu ke hilir, mulai dari jajaran kementerian: Kementerian Perindustrian, Kementrian Perdagangan, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Pertanian, Badan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Semarang;
sejumlah asosiasi industri kopi, di antaranya AKI, AEKI, AKSI, AKLI, GAEKI, SCOPI;
kedai E-Coffee Semarang, RnB Dine and Coffee Specialty;
para talent film Filosofi Kopi & reality show kopi Viva Barista;
beserta komunitas Semarang Barista Society.

Pra-acara “It’s Coffee Day” meliputi kontes foto & video instagram (16-27 September) dan lokakarya pengusaha kopi (28-29 September 2016). Puncaknya, 1 Oktober 2016, “It’s Coffee Day” akan menghadirkan:

  • bincang kopi dengan Dewi Lestari (penulis cerpen ‘Filosofi Kopi’ & novelis);
  • sesi kopi untuk charity dengan Rio Dewanto (talent ‘Filosofi Kopi’ & ‘Viva Barista); serta
  • pemutaran film ‘Filosofi Kopi’ & dokumenter ‘Aroma of Heaven’.

img-20160923-wa0013

Acara ini bertempatkan di:
Mall of Semarang Town Square (SETOS MALL)
Jl. Gajah Mada
Semarang, Jawa Tengah

Info lebih lanjut:
Rio Dewanto, Barista Sehari di Hari Kopi Internasional

 

YOGYAKARTA – Thousand Cups of Coffee 2016

Sukses dengan 1.700 cangkir kopi tahun lalu, ‘Thousand Cups of Coffee’ dari Yogyakarta siap berbagi 10.000 cangkir kopi gratis untuk segenap pecinta kopi di kota angkringan ini.

160929-international-coffee-day-events_jogja

Kurang lebih 200 barista dari 98 kedai kopi di seluruh penjuru kota Yogyakarta siap meracik kopi pilihan mereka masing-masing mulai pukul 1 siang. ‘Thousand Cups of Coffee’ juga menghadirkan bincang-bincang dengan Pujo Semedi, peneliti sejarah kopi, serta kontes foto ‘Koffietografi’.

Acara ini bertempatkan di:
JWALK Sahid Mall Babarsari
Yogyakarta, DIY

Info lebih lanjut:
Instagram @bkvr.yk
Twitter @bicarakopi

MALANG – Road to Nusantara Coffee Festival 2016

Pada pra-acara Nusantara Coffee Festival 2016 ini, 200 cangkir kopi-kopi single origin asal Malang akan disajikan di antara hamparan hutan pinus kaki Gunung Arjuno.

Acara menyeduh kopi di alam bebas ini memperkenalkan berbagai koleksi kopi single origin asli kota apel: kopi Karlos asal Karang Ploso, kopi Arjuno, kopi Srijono, dan kopi Gunung Mujur.

Demi mempertahankan sensasi ngopi a la petani kopi, setiap kopi akan diseduh menjadi kopi tubruk. Namun bagi mereka yang berselera dengan kopi tanpa ampas, para barista kota Malang siap meracik dengan berbagai metode seduh-manual (manual-brew).

Nusantara Coffee Festival 2016 sendiri merupakan acara kopi kota Malang yang pertama setelah Malang Coffee Festival 2012. Mencakup sesi bincang-kopi dengan Pepeng dari Klinik Kopi, perlombaan seduh V60 dan seni-latte, Nusantara Coffee Festival 2016 akan diselenggarakan pada 19-20 November 2016.

Acara ini bertempatkan di:
UB Forest, Desa Tawang Argo,
Kecamatan Karang Ploso
Jalan Tawang Argo Raya
Malang, Jawa Timur 65152

 Info lebih lanjut:
http://www.kopinekatunggalika.com/
Instagram @nusantaracoffeefestival

160929-international-coffee-day-events_malang

LEMBANG – Peresmian Sekolah Barista Kemenaker ‘EAST INDISCHE’

Sekolah barista pertama di Indonesia ini siap membina 600 calon barista setiap tahunnya.

Bertempat di Lembang, Bandung, sekolah ‘East Indische’ menyediakan fasilitas industri kopi dari hulu ke hilir: kebun kopi, laboratorium bibit kopi, dapur roasting, bar racik kopi, hingga kedai kopi binaan Kementerian Ketenagakerjaan.

Tanpa perlu membayar biaya pendaftaran, keseriusan calon peserta untuk berkarir di dunia kopi akan diuji melalui psikotes.

tempat-pelatihan-venue-in-wide

Komplek Sekolah Barista ‘East Indische’.

Pertengahan September 2016 lalu, sekolah ‘East Indische’ meluluskan angkatan calon barista yangpertama. Hari Kopi Internasional yang jatuh pada 1 Oktober 2016 esok resmi menandai kehadiran sekolah barista di khalayak penggiat kopi nusantara. Pendaftaran akan dibuka mulai awal tahun 2017.

Info lebih lanjut:
Liputan eksklusif uji coba sekolah barista ‘East Indische’.

 * * *

Selain kota-kota besar tersebut, beberapa kedai kopi juga punya cara sendiri untuk merayakan Hari Kopi Internasional.

Ingin berbagi acara kopi yang kamu temukan 1 Oktober 2016 besok?
Atau, kamu punya cara sendiri untuk merayakannya? Mari, ceritakan lewat editorial@kopikini.com.

Kopikini.com menanti kisah kopi dari kotamu.

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply