Dari sekian banyak stand yang menyediakan kopi gratis, stand yang satu ini dikerubungi tiada habis. Tentu, karena ada Rio Dewanto di balik bar.

p1260424

Rio Dewanto menyeduh untuk Coffee for Charity di acara “It’s Coffee Day”, Semarang, Sabtu (1/10).

“Ini untuk disumbangkan buat Garut,” ujar Rio Dewanto, aktor film Filosofi Kopi sekaligus pembawa acara reality show Viva Barista.

p1260445

p1260434

Menurut Moelyono Soesilo, pemilik PT. Taman Delta Indonesia, 12 cangkir latte art dan manual brew yang tersaji di acara It’s Coffee Day, MG SETOS, Semarang, Sabtu (1/10) kemarin berhasil menggalang 1,3juta rupiah.

“Untuk penyalurannya sendiri masih akan didiskusikan,” ujar Moelyono Soesilo saat dihubungi via telepon, Rabu (5/10). “Kita pengin ini tepat sasaran.”

p1260371

Moelyono Soesilo, pemilik PT. Taman Delta Indonesia, memberi kata sambutan di pembukaan acara “It’s Coffee Day”, Semarang, Sabtu (1/10).

Program Coffee for Charity merupakan program sosial PT. Taman Delta Indonesia yang berfokus membantu petani-petani kopi. “It’s Coffee Day”, yang diselenggarakan oleh PT. Taman Delta Indonesia sendiri, merupakan puncak perayaan Hari Kopi Internasional 2016 di Indonesia.

Hari Kopi Internasional pertama kali diresmikan oleh International Coffee Organization, bersama segenap asosiasi kopi sedunia pada 1 Oktober 2015. Selain Semarang yang menjadi tuan rumah, sejumlah kota di Indonesia menghelat perayaan mereka masing-masing untuk Hari Kopi Internasional yang ke-2 ini. Mengusung semangat edukasi industri kopi, “It’s Coffee Day” turut mengundang sejumlah figur yang membentuk budaya kopi di Indonesia untuk membagikan pengalaman mereka.

p1260421

Bersulang untuk Hari Kopi Internasional, Sabtu (1/10).

Novelis dan penulis cerpen “Filosofi Kopi” Dewi Lestari dan Q-Grader Mira Yudhawati dalam bincang-bincang ‘Perempuan dan Kopi‘, juara Indonesia Barista Championship 2014 & 2015 Yoshua Tanu mensosialisasikan Barista Guild Indonesia, spesialis latte art Viki Rahardja dari Tanamera berbagi kisah sepak terjangnya di dunia latte art, dan juga Hardjono Tjandra dari kedai kopi spesialti Blue Lotus Coffee.

p1260465

Dewi Lestari, pasca sesi ‘Perempuan dan Kopi’, Sabtu (1/10).

p1260458

Mira Yudhawati & Dewi Lestari, berfoto dengan peserta sesi bincang-bincang ‘Perempuan dan Kopi’, Sabtu (1/10).

Sebelumnya, “It’s Coffee Day” didahului oleh kompetisi foto & video Instagram dan lokakarya wirausaha. Pada lokakarya wirausaha yang bertempat di UDINUS, UNNES, & UNIKA Soegijapranata, Moelyono Soesilo yang juga merupakan Wakil Ketua Asosiasi Eksportis Kopi Indonesia (AEKI) dan membagikan seluk beluk pertumbuhan industri kopi di Indonesia. “It’s Coffee Day” ditutup dengan pemutaran dokumenter ‘Aroma of Heaven‘, yang mengulas sejarah masuknya kopi di Indonesia dari segi antropologis dan historis, dan serta film ‘Filosofi Kopi’ yang mengangkat budaya populer industri kopi dari seluk beluk kehidupan barista.

(Liputan, foto, & tulisan oleh Klara Virencia.)

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply