Ada intrik yang tidak selesai antara presenter Fox News Megyn Kelly dengan presiden terpilih AS Donald Trump. Secangkir kopi kembali jadi saksi bisu di antaranya.

trump-kelly-coffee-incident-5

Donald Trump, sebagai kandidat presiden AS & presenter Fox News Megyn Kelly.

Saat bangun pagi itu di bulan Agustus 2015, Kelly merasa bugar. Beberapa jam ke depan, ia akan memandu debat dengan para kandidat presiden AS dari partai Republik. Salah satu dari mereka, yang dengan fenomenalnya maju tanpa latar karir politik, Donald Trump.

Supir yang menjemput Kelly terlihat antusias. Terlalu antusias, bahkan. Ia bersikeras menawarkan Kelly segelas kopi, meski Kelly sudah berkali-kali menolak. 15 menit setelah Kelly meminumnya, Kelly muntah-muntah hebat. Begitu hebatnya, sampai-sampai Kelly ragu akan bisa memandu sesi debat.

Malam itu, Kelly tampil gemilang. Ia ‘menyerang’ Trump dengan mempertanyakan komentar Trump untuk kaum perempuan: “babi gendut, anjing, pemalas, dan binatang menjijikan”. Masih dijerang mual, Kelly menaruh kantung sampah tepat di bawah mejanya sepanjang sesi debat. Andai-andai mualnya tak tertahankan.

trump-kelly-coffee-incident-3

Megyn Kelly, memandu debat perdana kandidat presiden partai Republik, pasca ‘insiden kopi’.

Kelly tidak pernah menuduh siapapun meracuninya. Namun insiden itu cukup mengguncangnya. Ia memilih angkat bicara.

Dalam buku ‘Settle for More‘, Kelly ‘buka-bukaan’ mengenai pergolakan ruang berita Fox News, sehari sebelum debat perdana partai Republik. Menurut pengakuan Kelly di buku memoar tersebut,  Trump menelpon jajaran eksekutif Fox. Tanpa memperjelas sumber informasinya, Trump memprotes pertanyaan pertama Kelly yang dianggapnya ‘sangat tajam menyerang’. Persis, pertanyaan tentang komentar Trump yang kerap merendahkan perempuan.

Pasca debat partai Republik di bulan Agustus 2015 itu, Trump mengancam akan ‘menghancurkan hidup’ Kelly lewat akun twitter-nya. Trump memakinya, menyebut Kelly ‘hiperbolik‘, ‘gila‘, dan ‘pelacur’.

Insiden kopi Megyn Kelly ini terangkum dalam buku autobiografi Kelly, ‘Settle for More‘, yang akan dirilis Selasa (15/11) besok.

Di permukaan, Trump dan Kelly boleh jadi sudah terlihat ‘akur’. April 2016, Kelly mengajukan sesi wawancara privat dengan Donald Trump di ‘kastil’-nya, Trump Tower. Tawaran ini diterima oleh Trump.

Dalam segmen bertajuk ‘Megyn Kelly presents’ tersebut, Kelly menanyakan apakah Donald Trump pernah terluka secara emosional oleh tindakan seseorang di luar keluarganya. Donald Trump mengakui,

When I’m wounded, I go after people’s heart. And then, I try to unwound myself.”

(Saat aku terluka, aku balas menyakiti perasaan mereka. Lalu, aku coba membenahi diriku sendiri.)—red.

trump-kelly-coffee-incident-7

Dengan status Donald Trump saat ini sebagai presiden terpilih AS, angkat bicara Kelly dalam ‘Settle for More’ bisa jadi membuka babak perseteruan baru di antara mereka.

Sabotase? Silakan coffeemates yang tentukan. Belajar dari Mad-Eye Moody[1] yang bersikeras minum dari botol airnya sendiri untuk menghindar diracun, bisa jadi kopi terbaik memang kopi buatan sendiri.

(Disadur dari nytimes.com, washingtonpost.com, & theguardian.com;

foto-foto ilustrasi disadur dari tayangan
‘First Republican Primary Debate’ (6 Agustus 2015)
& ‘Megyn Kelly Presents’ (17 Mei 2016) oleh FOX News;

Tulisan & suntingan oleh Klara Virencia.)


[1] Tokoh auror dalam ‘Harry Potter and the Goblet of Fire’.

Kopikini

About Kopikini

Mari bicara kopi.

Leave a Reply